Jumat, 27 Juli 2012

Pentingnya Melatih BerPuasa Untuk Anak - Anak

Bismillahirrohmanirrohim...................

Asslamualaikum wr wb

Mengingat ini masih Bulan Ramadhan Penuh pengampunan dan berkah saya ingin berbagi info perihal bagaimana sebagai orang tua untuk bisa melatih anak-anak untuk bisa ikut berpuasa agar kelak menjadi anak yang soleh  / soleha...amin.



Inilah beberapa kiat yang bisa dilakukan orang tua, untuk merancang pola pendidikan terbaik bagi putra-putrinya selama bulan Ramadhan, cek this out :


1. Tahap memperkenalkan

Orangtua untuk perlu menjelaskan kepada anak-anak apa arti, makna, dan manfaat berpuasa. Untuk melatih anak berpuasa tidak bisa dilakukan dengan cara paksa. Sebaiknya perkenalan dilakukan dengan cara seperti mendongeng cerita – cerita yang biasa anda lakukan.

2. Buat suasana yang Baru

Buatlahn suasana rumah yang berbeda dengan sebelumnya. Seperti merubah tatanan rumah, membuat ruang khusus untuk melaksanakan sholat berjamaah dan tadarus Al-Qur’an. Kamar tidur anak juga dapat dihias dengan tulisan hadist, motto ataupun semboyan yang akan membangkitkan semangat mereka jika nanti menahan lapar dan haus ketika puasa. Tempelkan juga target dan jadwal kegiatan yang telah disusun bersama. 

3. Buatlah Perjanjian perihal jam waktu puasa

Ajaklah dia berbicara, untuk menyepakati jam puasa yang akan dia jalani. Turuti apa yang dia sanggupi. Jika ia bilang sanggup sampai jam 10 pagi, maka anda tidak boleh memaksa untuk mengulur waktu yang telah disepakati tersebut. Jika ia sudah berhasil melakukannya, coba bicarakan kembali untuk menambah jam puasa ia untuk esok harinya. Begitu seterusnya.

4. Makanan yang bervariasi

Sang Ibu dapat memulai menyusun menu dengan gizi yang seimbang untuk anak yang sedang puasa. Mulai melatih waktu makan dari 3 kali sehari menjadi 2 kali saja. Penyusunan menu ini untuk mencegah terjadinya kekurangan zat gizi pada anak. Kecukupan gizi pada anak akan terpenuhi apabila saat berbuka dan makan sahur mereka mengkonsumsi makanan yang beragam dalam jumlah yang cukup. Siapkan makanan yang anak sukai, sehingga mereka akan lebih tertarik untuk memakannya saat waktu sahur dan waktu berbuka puasa.

5. Ajarkanlah / Tanamkan nilai positif bulan Ramadhan Yang Penuh Maghfiroh

Orang tua bisa saling bekerja sama untuk menciptakan kegiatan yang positif selama bulan Ramadhan, akan tetapi tidak menguras energi si anak. Seperti menceritakan kisah – kisah para rasul dan nabi, dan makna Bulan Ramadhan itu sendiri.Puasa hakikatnya melatih kedisiplinan dan kejujuran anak, untuk bangun pada saat sahur dan bersikap jujur untuk mengungkapkan jika ia tidak kuat menjalankan puasa pada waktu yang telah kita sepakati. Jadi anak tidak akan berbohong. Jangan lupa sesekali juga, ajaklah anak untuk mengikuti sahalat tarawih dan jelaskan apa maknanya.

6. Beri Anak Hadiah

Orang tua boleh memberikan hadiah sebagai tanda keberhasilan ia telah melewati puasa, walaupun hanya beberapa jam sampai setengah hari. Hadiah tidak harus mahal dan berupa barang. Pujian dari anda juga cukup membuat dia merasa bangga atas dirinya sendiri. Pujian yang anda berikan untuknya, akan memotivasi anak tetap berpuasa dan meningkatkan kemampuannya untuk puasa pada hari berikutnya.
Puasa pada seorang anak dapat dilakukan tetapi harus cermat memperhatikan kondisi normal psikobiologisnya. Kondisi psikobiologis setiap anak berbeda dan tidak dapat disamakan. Bila kondisi itu tidak diperhatikan maka puasa merupakan beban berat bagi mental dan fisik anak.
Bagaimana insyallah mudahkan untuk menanamkan anak-anak kita perihal pentingnya berpuasa di Bulan Ramadhan ? Semoga dengan begitu anak-anak tahu dan bisa ikut merasakan bahwa banyak orang lain diluar sana yang belum tentu bisa makan dan tidur enak seperti kita so dibulan penuh rahmat dan barokah ini mari kita sama-sama menyantuni mereka dengan banyak beramal dan sodaqoh......

Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua dari gemerlapnya dunia dan memberikan limpahan rezki bagi kita tanpa harus melupakan Hak fakir miskin, kaum Duafa dan yatim piatu...........^-^

Sumber : DI SINI
wasslamualaikum wr wb

Share

0 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:
:ka: :kb: :kc: :kd: :ke: :kf: :kg:
:kh: :ki: :kj: :kk: :kl: :km: :kn: :km: :ko:

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Kritik $ Saran :