Sabtu, 28 Juli 2012

Doa Dan Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Bisa Diam / Hyperaktif

Bismillahirrohmanirrohim......

Asslamualaikum wr wb

Saya kali ini ingin berbagi informasi yang kerap terjadi dalam pendidikan Di keluarga, lingkungan dan sekolah, Terutama di saat Sekolah anak - anak yang tidak bisa diam / hiperaktif sehingga membuat guru menjadi kewalahan untuk mendiamkannya sehingga menjadi daya tarik temannya yang lain. dalam hal ini tentu sangat meresahkan sang guru / tenaga pendidik dalam proses belajar mengajar yang mengakibatkan efek yang menjalar dengan teman - temannya yang lain ingin serius belajar dan sangat mengganggu sekali.

Ingin tahu bagaimana mengatasi anak yang tidak bisa diam alias terkesan hiperaktif, berikut selengkapnya :


Mengatasi Anak yang Tidak Mau Diam

Anak -anak akan bertingkah aktif apabila mengalami suatu kebosanan atau kehilangan perhatian anda. Salah satu cara mengatasinya dengan melibatkan si kecil dalam pekerjaan rumah / sekolah alihkan pada hal - hal yang membuatnya senang. 
Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak yang berpolah aktif dan cenderung tidak mau diam :

1. Jangan Panik
Orang tua / guru sering panik hingga berteriak ketika anak melakukan tindakan berbahaya, seperti memanjat, berlari, atau koprol. Padahal, berteriak panik ketika anak sudah mulai berguling atau memanjat justru akan membuat anak ikut-ikutan panik.

2. Jangan Larang
Jika aktivitas yang dilakukannya (anak) tidak mengundang bahaya, cukup awasi dari jauh. Namun ketika sang anak melakukan kegiatan yang ‘menyerempet’ bahaya, beri pengertian bahwa hal tersebut berbahaya.

3. Beri Peringatan
Daripada melarang lebih baik memberikan peringatan. Misalnya “Kalau kamu memanjat pagar, nanti kaki kamu bisa terluka oleh besi runcing itu! Sakit kan?”

4. Beri Pujian
Beri anak pujian. Beri reward berupa pujian atau pelukan atas keberhasilan atau apapun yang telah dilakukan si kecil dengan baik. Sebaliknya bila anak menemui kegagalan saat melakukan aktivitas tertentu, besarkan semangatnya agar mau bangkit lagi dan termotivasi untuk mencoba kembali.

5.Hukuman Ringan
Hukuman ringan boleh diterapkan. Memberi hukuman terlalu sering sebenarnya tidak banyak membantu. Bahkan jika hukumannya terlalu keras dan terlalu sering bisa menyebabkan sikap negatif anak menjadi-jadi.

6. Beri Arahan / Nasehat Yang Baik
Beri anak arahan / nasehat yang baik di saat anak mulai tak bisa diam, beri ketegasan dan beri gambaran yang objektif kalau ini baik dan ini tidak baik berikut alasannya sehingga anak akan menyadari bahwa hal ini itu ternyata baik / tak baik untuk dilakukan.

7. Jangan Putus Asa
Terkadang kenakalan / tidak bisa diamnya anak di akibatkan dari kurangnya perhatian atau mungkin perhatian yang berlebih alias manja. so tanamkan kemandirian anak sejak dini dan pacu bakat yang sudah tampak dengan lebih bijaksana jika keinginannya tersebut berbahaya atau mengarah negatif nasehatilah..

8. Sabar Dan Tetap Tersenyum
Berat memang karena sudah capek diingetin ternyata sang anak masih tetap dengan dunianya sendiri tanpa memperhatikan perintah atau teguran dari kita, sebaiknya tetap berusaha senyum dan bersabar. jangan Pernah membentak dan berkata kasar itu akan membuat mereka menjadi memberontak dan tak mau menurut.

9. Tetap Semangat Dan Optimis
Untuk yang satu ini so pasti harus bisa ya karena bagaimanapun toh mereka memang anak - anak yang masih labil dan ingin selalu bermain, jika menyerah begitu saja dengan keadaan melihat anak -anak yang tidak bisa diam / hiperaktif akan timbul titik jenuh dan akhirnya berdampak fatal pada si kecil.....ibarat buah simalakama, begini salah begitu salah, hehehe.....Jangan pernah bilang begitu ya sobat, tekadkan diri dan yakinlah bahwa usaha maksimal yang kita lakukan pastinya akan membuahkan hasil yang baik untuk anak - anak kita menjadi lebih baik dan salih, amin.

10. Inti dari kesembilan Hal diatas yaitu Doa Memohon ama Allah SWT agar anak - anak kita menjadi generasi penerus yang soleh soleha lahir batin dunia akhirat, amin. tanpa campur tangan dan RidhoNya kita sebagai ortu, guru atau masyarakat pada umumnya pasti tak berarti apa - apa dan bukan siapa - siapa. 


Berikut Doa Untuk Anak - Anak Kita Biar Soleh Soleha, amin :


رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40)

اَللَّهُمَّ فَقِّهُّ فِي الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ.
Maksudnya: Ya Allah, berilah kefahaman kepadanya dalam urusan agama dan ajarkannya Takwil (tafsir al-Quran).

اَللَّهُمَّ أَلْهِمْهُ التَّأْوِيْلَ وَعَلِّمْهُ الْحِكْمَةَ.
Maksudnya: Ya Allah, ilhamkannya Takwil (tafsir al-Quran) dan ajarkannya hikmah (ilmu yang tepat).

Mudah - mudahan tulisan saya diatas bisa memotivasi sobat agar lebih menanamkan budi pekerti yang baik dan akhlakul karimah pada buah hati tercinta kita dengan lebih baik dan lebih baik lagi untuk bisa mewujudkan generasi penerus yang mumpuni mempunyai bekal ImTaq, IpTeq dan Salih......amin.

Semoga kita bisa mengamalkan do’a diatas dan tidak jemu untuk selalu memanjatkan do’a kepada-Nya. Allah tidak mungkin membiarkan hamba-Nya yang menengadahkan tangan kepada-Nya, lalu dia pulang dengan tangan hampa....Jazakumulloh khoiron katsiro.

Wasslamualaikum wr wb
Share

0 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:
:ka: :kb: :kc: :kd: :ke: :kf: :kg:
:kh: :ki: :kj: :kk: :kl: :km: :kn: :km: :ko:

Poskan Komentar

Silahkan Memberikan Kritik $ Saran :