Senin, 02 April 2012

Hak & Kewajiban Bersama Suami-Istri dalam Islam


Bismillahhirrohmanirrohim........

Asslamualaikum wr wb

Diantara sekian banyak hak dan kewajiban suami isteri menurut Islam, ada beberapa diantaranya yang merupakan hak dan kewajiban bersama yang hanya bisa terwujud atas peran kedua belah pihak. Adapun beberapa hal yang menjadi hak dan kewajiban bersama suami istri dalam Islam, diantaranya adalah sebagai berikut :

Suami istri, hendaknya saling menumbuhkan suasana mawaddah dan rahmah. (Ar-Rum: 21)

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (Q.S. Ar-Rum: 21)

Hendaknya saling mempercayai dan memahami sifat masing-masing pasangannya. (An-Nisa’: 19; Al-Hujuraat: 10)

“Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata]. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak”. (Q.S. An-Nisa’: 19)

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat”. (Q.S. Al-Hujuraat: 10).

Hendaknya menghiasi dengan pergaulan yang harmonis. (An-Nisa’: 19)

Hendaknya saling menasehati dalam kebaikan. (Muttafaqun Alaih)

Kabar kurang baiknya adalah kondisi tersebut di atas hanya mungkin akan tercapai ketika seorang lelaki bisa mendapatkan atau membentuk isterinya menjadi isteri solehah, yang secara umum memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • ·         Apabila seorang istri, menjaga shalat lima waktu, berpuasa pada bulan Ramddhan, memelihara kemaluannya, dan mentaati suaminya, niscaya Allah swt. akan memasukkannya ke dalam surga. (Ibnu Hibban)
  • ·         Istri sholehah itu lebih sering berada di dalam rumahnya, dan sangat jarang ke luar rumah.
“dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya”. (Al-Ahzab : 33).
  • ·         Istri sebaiknya melaksanakan shalat lima waktu di dalam rumahnya. Sehingga terjaga dari fitnah. Shalatnya seorang wanita di rumahnya lebih utama daripada shalat di masjid, dan shalatnya wanita di kamarnya lebih utama daripada shalat di dalam rumahnya. (lbnu Hibban)
  • ·         Hendaknya menjadikan istri-istri Rasulullah saw. sebagai tauladan utama.

Lalu bagaimanakah dengan seorang wanita yang solehah, apakah dia akan mendapatkan suami yang baik juga sehingga hak kewajiban bersama tadi bisa sama-sama terwujud ? Ya, tidak perlu khawatir karena Allah SWT telah menjaminnya langsung sebagaimana firman-Nya dalam ayat berikut :

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…. (An Nuur, 24:26).

Semoga bermanfaat......sukses selalu untuk semua istri dan suami yang salih dunia akhirat, amin 


Jazakumulloh khoiron katsiro.

Wssalamualaikum wr. wb

Kunjungi info lengkapnya di situs  : DI SINI
Share

0 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:
:ka: :kb: :kc: :kd: :ke: :kf: :kg:
:kh: :ki: :kj: :kk: :kl: :km: :kn: :km: :ko:

Poskan Komentar

Silahkan Memberikan Kritik $ Saran :